PESONA INDONESIA

PESONA INDONESIA
Karya : Sapto Susilo
Tanah Airku Indonesia, suatu negara di kawasan Asia Tenggara, merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, letaknya diapit dua benua dan dua samudra. Negeri indah dan megah, yang terdiri dari 17.000 lebih pulau-pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Jangan tanya lagi bagaimana pesona negri ini, negeri yang banyak dikatakan orang sebagai surga dunia, bahkan ada yang bilang inilah Atlantis yang hilang.
Kita bisa melihat keindahan pesona Indonesia dari desa ke kota, dari gunung ke samudra. Banyak sekali keanekaragaman di negeri ini, itulah yang membuat negeri ini semakin indah. Berbagai suku, bahasa, budaya, dan agama, menyatu di negeri ini, yang membuat negeri ini semakin harmonis.
Dari ujung barat, tepatnya di Pulau Sumatera dan sekitarnya, sudah terdapat  banyak sekali pesona yang dapat kita lihat, dari flora dan faunanya. Tidak hanya flora dan faunanya, misalnya harimau sumatera dan bunga raflesia, kekayaan alamnya juga sangat melimpah, dari kekayaan alam yang di buat menjadi tempat wisata, misalnya diMentawai, dan aja juga yang di buat penambangan, misal, penambangan timah. Tidak hanya itu saja di wilayah ini berbagai suku hidup dengan rukun, berbagai budaya dari suku-suku tersebut menyatu, sehingga menambah keharmonisanya, ini baru di sekitar Sumatera.
Bergeser sedikit ke wilayah Pulau Jawa, meskipun ini pulau dengan populasi paling banyak di negeri ini, banyak yang dari luar pulau masuk, tetapi tidak mengurangi keindahan pesonannya, tetapu malahan menambah keindahannya sebab semua orang bisa rukun, meskipun beda suku, bahasa, dan budaya. Kekayaan alam di pulau ini juga tidak sedikit, banyak tempat-tempat wisatanya karena keindahan alam tersebut, misal saja di green canyon di Ciamis, pantai-pantau disepanjang jalur pantai utara dan jalur pantai selatan, begitu indah indah sekali pantai-pantainya. Dari kekayaan flora dan fauna juga tidaj kalah, misal Badak Bercula Satu yang hampir punah.
Bergeser lagi ke daerah paru-paru dunia yaitu Kalimantan. Daerah ini dikenal sebagai paru-paru dunia karena didaerah ini masih banyak hutan-hutan hijau, misal hutan tropis, hutan bakau. Kekayaan wisata juga banyak sekali, misalnya Gunung Kinabalu yang sekalian ada Taman Nasional Kinabalu. Kekayaan flora dan fauna juga tidak kalah, misal di daerah ini adalah Orang Utan, salah satu spesies yang wajib di lindungi, kekayaan SDAnya juga tidak kalah, yaitu penambangan timah dan penambangan minyak.
Bergeser ke kawasan Bali, suatu pulau kecil tetapi destinasi wisata yang menjadi andalan negeri ini, karena keindahan alamnya, dari pantai-pantai pasir putih, dan ombak-ombak yang cocok buat berselancar dan juga bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah sekali. Tidak hanya kekayaan alam, budayanya juga masih erat dengan adatnya di sana, misal tari kecak tarian asal pulau dewata ini yang sudah mendunia, tari barong, dan juga lainnya. Bergeser di Kepulauan Nusa Tenggara, disini ada destinasi wisata yang sdah di akui oleh UNESCO yaitu pulau Komodo, destinasi ini terkenal karena di dunia hanya di tempat itulah populasi Komodo yang ada di dunia.
Bergeser ke wilayah timur lagi dari mulai Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Di daerah inilah kekayaan alam yang sangat berlimpah dari wisatanya yaitu Raja Ampat, Taman Air Bunaken, disinilah kekayaan di darat maupun dilaut sangat berlimpah. Dan juga penambangan emas terbesar di dunia yaitu tambang emas Freport, tetapi sayang tambang ini masih di kuasi oleh asing. Tidak hanya kekayaan alamnya yang berlimpah, kekayaan budayanya juga sangat berlimpah dari adat yang ada di Sulawesi, Maluku, sampai ke Papua.
Ini alam kita bersama milik bangsa, kita rawat dan jaga tanpa dipaksa agar lestari dari masa ke masa,dan tak sekedar lenyap tanpa terasa. Dengan berbagai pesona dan kekayaan serta keragam alam, budaya dan lainnya. Itulah Indonesiaku.
Tulisan ini saya buat dengan mendengarkan lagu dari SAYKOJI dengan judul PESONA INDONESIA.
#SalamWaras mohon kritik dan sarannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Kerajinan Bahan Limbah

Contoh Proposal LDK

Untukmu